Mungkin sebagian dari kamu yang lagi membaca artikel ini, tau dengan film THE SHAWSHANK REDEMPTION, yup film yang pertama kali dirilis tahun 1994 di Amerika ini diadaptasi dari novel karya Stephen King, “Rita Hayworth and Shawshank Redemption”. Film ini merupakan film dengan rating tertinggi yaitu 9,3/10 berdasarkan IMDb (Internet Movie Database)

Meskipun didaulat menjadi film terbaik dan mendapat pujian oleh berbagai kritikus film, The Shawshank Redemption tidak memenangkan satu Oscar pun dari total 7 nominasi yang diperoleh.

Film drama yang disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman ini awalnya sama sekali tidak menutup biaya produksi yang diperkirakan mencapai USD 25 juta. Sampai akhirnya mendapatkan keuntungan hingga USD 10 juta setelah mendapat banyak nominasi Oscar.

Cerita dimulai pada tahun 1947, bankir Andy Dufresne (Tim Robbins) dituduh membunuh istri dan selingkuhannya berdasarkan bukti kejadian dan dihukum penjara dua kali seumur hidup di Shawshank State Penitentiary. Andy langsung berteman dengan penyelundup barang Ellis “Red” Redding (Morgan Freeman), seorang tahanan yang dipenjara seumur hidup. Red menyelundupkan palu batu untuk Andy agar ia bisa membuat pion-pion catur. Red kemudian membawakannya poster Rita Hayworth berukuran besar, kemudian poster Marilyn Monroe dan Raquel Welch. Andy bekerja di binatu penjara, namun sering dipukuli geng homoseks “the Sisters” dan pemimpinnya, Bogs (Mark Rolston).

Tahun 1949, Andy mendengar kapten penjaga Byron Hadley (Clancy Brown) mengeluh tentang pajak warisannya dan memberitahunya seputar celah dalam sistem keuangan. Setelah Andy nyaris tewas akibat serangan the Sisters, Hadley menghajar Bogs sampai-sampai Bogs harus dikirim ke penjara lain. Andy tidak diserang lagi. Kepala penjara Samuel Norton (Bob Gunton) bertemu Andy dan memindahkannya ke perpustakaan penjara untuk membantu tahanan tua Brooks Hatlen (James Whitmore). Sejak itu Andy mengelola urusan keuangan penjara. Saran dan keterampilannya terdengar oleh penjaga lain di Shawshank dan penjara sekitarnya. Andy mulai menyurati pemerintah negara bagian setiap minggu yang isinya meminta dana renovasi perpustakaan penjara.

Tahun 1954, Brooks bebas bersyarat, tetapi gagal menyesuaikan diri dengan dunia luar setelah 50 tahun dipenjara. Karena frustrasi, ia gantung diri. Andy mendapatkan sumbangan perpustakaan yang mencakup piringan hitam The Marriage of Figaro. Ia memutar lagunya melalui sistem pengumuman publik sehingga ia dikurung di sel tertutup. Setelah dibebaskan, Andy menjelaskan bahwa ia percaya harapan adalah sesuatu yang tidak bisa direnggut penjara darinya, tetapi Red menolak gagasan tersebut. Pada tahun 1963, Norton mulai mengeksploitasi tahanan penjara untuk pekerjaan umum, mendapatkan keuntungan dengan memangkas biaya buruh terampil dan menerima suap. Ia menyuruh Andy mencuci uangnya dengan nama samaran “Randall Stephens”.

Tahun 1965, Tommy Williams (Gil Bellows) ditahan dengan tuduhan perampokan. Ia bergabung dengan geng Andy dan Red. Andy membantunya lulus ujian General Educational Development (G.E.D.). Pada tahun 1966, setelah mendengar rincian kasus Andy, Tommy mengungkapkan bahwa seorang tahanan di penjara lain mengaku bertanggung jawab atas kasus pembunuhan yang sama, sehingga Andy bisa dianggap tidak bersalah. Andy memberikan informasi ini kepada Norton, tetapi ditolaknya mentah-mentah. Norton mengurung Andy di sel tertutup dan menyuruh Hadley membunuh Tommy dengan alasan kabur dari penjara. Andy menolak melanjutkan pencucian uang tersebut, tetapi Norton mengancam akan menghancurkan perpustakaan dan mencabut perlindungan dan perlakuan khusus terhadapnya. Setelah Andy dibebaskan dari sel tertutup, ia memberitahu Red mengenai impiannya untuk menetap di Zihuatanejo, sebuah kota pantai Pasifik di Meksiko. Meski Red menyebutnya tidak realistis, Andy menyuruh Red untuk mengambil sebuah paket di ladang dekat Buxton setelah bebas.

Keesokan harinya saat absen pagi, setelah mengetahui sel Andy kosong, Norton yang berang melemparkan salah satu batu Andy ke poster Raquel Welch di dinding. Batu tersebut merobek poster dan mengungkapkan keberadaan terowongan yang digali Andy dengan palunya selama dua puluh tahun. Malam sebelumnya, Andy kabur melalui terowongan tersebut dan pipa pembuangan penjara sambil membawa buku besar Norton. Buku tersebut berisi rincian pencucian uangnya. Paginya, saat para penjaga menyisir daerah sekitar penjara, Andy, menyamar sebagai Randall Stephens, mengunjungi sejumlah bank untuk menarik uang cucian tersebut. Terakhir, ia mengirim buku besar dan bukti korupsi dan pembunuhan di Shawshank ke kantor berita setempat. Polisi tiba di Shawshank dan menahan Hadley, sementara Norton bunuh diri untuk menghindari penangkapan.

Setelah ditahan selama 40 tahun, Red memperoleh pembebasan bersyarat. Ia berusaha beradaptasi dengan kehidupan di luar penjara dan khawatir ia akan gagal. Karena sudah berjanji kepada Andy, ia mengunjungi Buxton dan menemukan kotak berisi uang dan surat yang memintanya pergi ke Zihuatanejo. Red melanggar pembebasan bersyaratnya dan pergi ke Fort Hancock, Texas sebelum melintas perbatasan ke Meksiko. Ia akhirnya mengaku memiliki harapan. Di sebuah pantai di Zihuatanejo, ia menemukan Andy dan keduanya bersatu kembali.

Film ini turut diproduseri oleh Niki Marvin, dan kembali ditulis skenarionya oleh Frank Darabont berdasarkan novel Rita Hayworth and Shawshank Redemption karya Stephen King.

Film ini juga menjadi semakin lebih hidup karena setiap scene-nya dinarasikan oleh Morgan Freeman, yang juga menjadi pemain utama dalam film ini. Walaupun durasi film ini terhitung panjang, 142 menit, namun Anda tidak akan bosan karena alur ceritanya sangat menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here